Monday, November 20, 2006

Perempuan? Don't Cry Girl!!!?

Ada beberapa teman yang sempat bertanya pada vy, “Kenapa alamat blognya harus mutiaraperempuan? Kenapa gak mutiarawanita atau yang lainnya?” Dan ada juga beberapa teman yang “gemes” kenapa harus “Don’t Cry Girl!!!?”. Katanya terlalu pesimis.

Vy jawab yang pertama:
Vy menggunakan perempuan dalam mutiaraperempuan.blogspot.com, ya kenapa perempuan bukan wanita atau cewek. Pertama, dari padanan kata ehmm lebih enak didengar dan dibaca jika mutiaraperempuan ketimbang mutiarawanita atau mutiaracewek... he2. Do you agree with me right? Ok. Kita lanjut yang kedua penggunaan kata perempuan akhir-akhir ini, istilah “perempuan” lebih sering digunakan dibandingkan dengan istilah “wanita”. Terbukti dalam seminar-seminar dan bahkan penelitian-penelitian yang dilakukan Lembaga-lembaga Swadaya Masyarakat, istilah “perempuan” lebih banyak dipergunakan.

Istilah “wanita” berasal dari leksikon bahasa Sanksekerta, wanita, yaitu “yang diinginkan oleh kaum laki-laki”, sehingga lebih berkonotasi pasif. Dalam perkembangan bahasa Indonesia, Siusana Kwelja (1991) mengatakan bahwa ungkapan-ungkapan yang ada menyebutkan bahwa wanita adalah pemelihara yang sabar, pasif, diam dan menjadi pesakitan, kurang standar, tidak diharap untuk menonjolkan diri dan boleh berprofesi, tetapi kurang diakui perannya. Sedangkan istilah “perempuan” menurut Prasetio Muniarti sengaja dipergunakan untuk istilah “women”, berasal dari akar bahasa Melayu yang berarti “empu” –induk, artinya “yang memberi hidup”. Istilah ini tampaknya lebih dinamis dan syarat makna dibanding dengan istilah “wanita” (Rachmat Syafa’at, 1998).

Istilah tersebut ada yang mengaitkan dengan upaya membangkitkan semangat kaum hawa dan mendekonstruksi praktik-praktik diskriminasi gender, yang dianggap merugikan perempuan. Dengan sebutan “perempuan” ini, ia diharapkan tidak sekedar bisa menikmati kehidupan ini, tetapi sekaligus dapat memberdayakan potensi-potensi dirinya yang berkaitan dengan kepentingan yang bersifat makro.

(^_^) Vy mau ngucapin makasih buat ommo (da best friend) yang udah tlah bersama-sama dengan vy mencetuskan nama mutiaraperempuan. Makasih babes...

Vy jawab yang kedua:
“Don’t Cry Girl!!!” kata ini dari bahasa Inggris “Jangan menangis perempuan!!!”. Vy tidak menganggap ketika Vy menulis kalimat ini hidup akan selalu penuh kepesimisan! Tidak!!! Bahkan ketika pertama terinspirasi untuk menjadikan kalimat ini sebagai “themes” dari segala perjalanan hidup, Vy yakin akan terus menatap hidup dengan keoptimisan. Dan dari kalimat ini Vy yakin Vy tetap terinspirasi untuk mencari spirit.

Dan itupun harapan Vy bahwa ketika anda semua membaca blog ini mudah-mudahan sama terispirasinya dengan Vy. Hope!!! Tapi ketika anda membaca beberapa artikel tentang bagaimana perjalanan hidup Vy, manusiawi kan jika ada tetap ada air mata? Yaa.. sangat wajar ketika seorang manusia seperti Vy tetap akan menangis... Dan akan kembali optimis memandang dan menjalani hidup saat melihat ini “Don’t Cry Girl!!!”

1 comment:

Epoxy Flooring Ogden said...

Thankss for writing this