Friday, December 08, 2006

Bersama selamatkan perempuan!!!!!

# AKI (Angka Kematian Ibu) Indonesia menduduki peringkat tertinggi di Indonesia 308/100.000 kelahiran atau rata-rata 15.000 ibu meninggal pertahun

# 350.000 perempuan dari berbagai pelosok dunia, setiap menitnya tewas akibat penanganan hal-hal yang berkaitan dengan reproduksinya

# Angka buta huruf di kalangan perempuan dan rendahnya jumlah perempuan di tingkat pendidikan yakni kurang dari 5%.

#Tingkat partisipasi angkatan kerja perempuan masih sangat kecil yaitu sebanyak 51,2% itupun sebanyak 80% terserap di sektorinformal sebagi PRT (Pembantu Rumah Tangga)

#Masih rendahnya kemampuan perempuan untuk memperoleh peluang kerja dan usaha. gaji yang rendah serta rendahnya akses terhadap sumberdaya ekonomi seperti teknologi, informasi pasar, kredit, dan modal kerja.

# Posisi perempuan saat ini di bidang hukum saat ini masih sangat lemah dan terdiskriminasi terutama dalam kasusu pemerkosaan, perzinahan, kekerasan, warisan, dan pekerjaan.

# Masih banyaknya penindasan dan eksploitasi, kekerasan dan diskriminasi hak dalam keluarga, masyrakat dan negara.

#Angka keterwakilan perempuan hanya 9.82% padahal partisipasi perempuan pemilih lebih besar daripada laki-laki yakni 50,88% sedangkan laki-laki hanya 49,12%.

#Kekerasan terhadap perempuan meningkat dari 14% menjadi 16% dari jumlah perempuan yang ada di Indonesia itupun yang berhasil di data, diperkirakan sekitar 10% dari jumlah yang didapatkan mengalami kekerasan tapi tidak terdata.

Data-data di atas hanya sebagian kecil dari segala kompleksitas masalah yang dialami Perempuan Indonesia ataupun Perempuan Dunia! Ayo Kita Selamatkan Perempuan!

No comments: